Maksimalkan Trafik Blog dengan SEO (Search Engine Optimization)

Salam Sejahtera Blogger sekalian,
Dalam Artikel Kali ini aku bakal sedikit membahas masalah mendasar dalam sebuah blog, yaitu trafik. Yups, blog tanpa trafik adalah bagaikan catatan yang dikubur.
Optimisasi mesin pencari (bahasa Inggris: Search Engine Optimization, biasa disingkat SEO) adalah serangkaian proses yang dilakukan secara sistematis yang bertujuan untuk meningkatkan volume dan kualitas trafik kunjungan melalui mesin pencari menuju situs web tertentu dengan memanfaatkan mekanisme kerja atau algoritma mesin pencari tersebut. Tujuan dari SEO adalah menempatkan sebuah situs web pada posisi teratas, atau setidaknya halaman pertama hasil pencarian berdasarkan kata kunci tertentu yang ditargetkan. Secara logis, situs web yang menempati posisi teratas pada hasil pencarian memiliki peluang lebih besar untuk mendapatkan pengunjung.
Sejalan dengan makin berkembangnya pemanfaatan jaringan internet sebagai media bisnis, kebutuhan atas SEO juga semakin meningkat. Berada pada posisi teratas hasil pencarian akan meningkatkan peluang sebuah perusahaan pemasaran berbasis web untuk mendapatkan pelanggan baru. Peluang ini dimanfaatkan sejumlah pihak untuk menawarkan jasa optimisasi mesin pencari bagi perusahaan-perusahaan yang memiliki basis usaha di internet.
Untuk meningkatkan trafik anda harus menerapkan SEO atau Search ENgine OPtimization atau  optimalizasi mesin pencari. Namun untuk menjadikan Blog agan  perlu langkah-langkah berikut ini.
1.  Tentukan Tema Blog 
Setelah blog agan siap, agan perlu menentukan arah tujuan dari pembuatan blog. Tentukan tema yang diusung untuk pengikat agar tidak nglantur kemana-mana atau Blog serba ada dari A-Z. JANGAN! karena, pertama blog campur-campur itu tidak fokus dan cuma buang buang waktu. kedua, menjadikan tidak menarik. ke tiga, di dunia blogging memuat tema campur-campur lebih dari 3 tema adalah tabu, bukan hanya bagi blogger tapi juga bagi penyedia layanan iklan seperti adsense media dan yang lainnya.

2. Template
Gunakanlah template yang sederhana tidak neko-neko, untuk mengindari kaburnya pembaca karena blog terlalu ribet dan "LOLA". Jika itu aku, aku bakalan langsung cabut dari blog lola dan cari blog yang memiliki tema sama tapi performa lebih cepat.

3. Optimasikan Judul
Untuk menjadikan Artikel anda mudah ditemukan dalam mesin pencari, usahakan judul yang agan buat semenarik mungkin dan lakukan juga riset tentang judul yang sekiranya mampu bersaing dengan judul-judul artikel lain di blog lain pula. cara termudah untuk riset kata kunci mesin pencari adalah menggunakan fitur auto fill milik google itu sendiri

atau dengan google suggest, yang bisa agan lihat di bagian bawah hasil googling agan agan sekalian. 
Lakukan hal serupa dengan melalui web browser lain. untuk memaksimalkan judul artikel yang agan inginkan. Jadi, usahakan jangan membuat Judul yang bertele-tele cukup singkat, jelas, dan padat.

4.. Konten
Konten dalam artikel perlu juga agan perhatikan, terutama di paragraf awal, karena, orang-orang berkecendrungan untuk membaca sedikit paragraf diawal dan jika merasa tidak cocok dengan gaya tulisan mereka langsung pergi tanpa kesan dari blog kita. Tulislah apa yang memang ingin di tulis dan jangan melenceng dari apa yang ingin disampaikan judul (tema). Dan jangan mengunggah konten yang tidak diperbolehkan untuk di publikasikan oleh google.

5. Kualitas Isi Konten
Belajar dari pengalaman seorang blogger, pertama, konten usahakan tulisan sendiri. Agar kita sebagai author tidak was was menunggu blog yang kita miliki dihapus paksa oleh google itu sendiri. Kedua, Tidak Mencla Mencle atau ngawur asal tulis (bedakan dengan gaya bahasa tulisan) agar pengunjung tidak mengalami kebingungan dengan postingan agan sekalian. 

6. Buatlah LINK Internal
Jika tulisan anda sudah cukup banyak, sudah saatnya anda memikirkan untuk membuat internal link. Internal link adalah sebuah link (tautan) yang mengaitkan setiap tulisan anda dengan tulisan yang lain sehingga semua tulisan anda bisa terbaca oleh pengunjung. Yang paling diharapkan dari efek internal link ini adalah meningkatkan traffic dari blog anda.
7.. PRAKTEKAN 
poin ke enam ini adalah yang paling penting dari lima poin diatas. belajar dicukupkan, praktik di lakukan. Apa gunany terus-terusan belajar kalau agan sendiri enggan untuk menulis dan menerapkan apa yang agan ketahui, itu sia-sia.

4 Responses to "Maksimalkan Trafik Blog dengan SEO (Search Engine Optimization)"