Penyedia Layanan Blog

Halo Pembaca.

Artikel ku kali ini adalah tetnang penyedia layanan blog. Yups, tempat dimana kita bisa membuat blog yang selanjutnya bisa di ini dengan berbagai hal, dari keluh kesah hingga mencari uang.

Media blog pertama kali dipopulerkan oleh Blogger.com, yang dimiliki oleh Pyra Labs sebelum akhirnya diakuisisi oleh Google pada akhir tahun 2002. Semenjak itu, banyak terdapat aplikasi-aplikasi yang bersifat open source yang diperuntukkan kepada perkembangan para penulis blog tersebut. 

Kegunaan Blog sendiri sangat beragam, dari curhatan sampe masalah yang sangat detail seperti masalah kesehatan politik perkuliahan dan lain sebagainya. Banyak blog yang beredar sekarang ini di kelola oleh pribadi kreatif dan ada beberapa yang dikelola berkelompok. Blog pun ada yang memiliki fasilitas interaksi dengan para pengunjungnya, seperti menggunakan buku tamu dan kolom komentar yang dapat memperkenankan pengunjungnya untuk meninggalkan komentar atas isi dari tulisan yang dipublikasikan, namun demikian ada juga blog yang bersifat sebaliknya (non-interaktif).

Situs-situs web yang saling berkaitan berkat blog, atau secara total merupakan kumpulan blog sering disebut sebagai blogosphere. Bilamana sebuah kumpulan gelombang aktivitas, informasi dan opini yang sangat besar berulang kali muncul untuk beberapa subyek atau sangat kontroversial terjadi dalam blogosphere, maka hal itu sering disebut sebagai blogstorm atau badai blog.

Ngeblog biasanya dilakukan hampir setiap waktu untuk mengetahui eksistensi dari pemilik blog. Juga untuk mengetahui sejauh mana blog dirawat (mengganti template) atau menambah artikel. Dewasa 10 juta blog yang bisa ditemukan di internet, dan masih bisa berkembang lagi, karena saat ini ada banyak sekali perangkat lunak, peralatan, dan aplikasi internet lain yang mempermudah para blogger (sebutan pemilik blog) untuk merawat blognya. Selain merawat dan terus melakukan pembaharuan di blognya, para blogger yang tergolong baru pun masih sering melakukan blogwalking, yaitu aktivitas para blogger meninggalkan tautan di blog atau situs orang lain seraya memberikan komentar
Beberapa blogger kini bahkan telah menjadikan blognya sebagai sumber pemasukan utama melalui program periklanan (misalnya AdSense, posting berbayar, penjualan tautan, atau afiliasi). Sehingga kemudian muncullah istilah blogger profesional, atau problogger, yaitu orang yang menggantungkan hidupnya hanya dari aktivitas ngeblog, karena banyak saluran pendapatan dana, baik berupa dolar maupun rupiah, dari aktivitas ngeblog ini.

Nah, untuk kamu yang belum tau dimana tempat membuat blog, ini rekomendasi dari penulis. tempat dimana kamu bisa buat blog yang menarik dan kompeten.

1. Blogger
23 Agustus 1999, merupakan hari kelahiran Blogger yang lahir dari tangan-tangan dingin penggiat  Pyra Labs. Sebagai salah satu perangkat publikasi blog pertama di dunia, Blogger berperan dalam mempopulerkan format blog di dunia. Pada Februari 2003, Google mengakuisisi Pyra Labs, membuat sejumlah fitur premium Blogger yang sebelumnya dikomersialkan Pyra Labs menjadi layanan yang sepenuhnya gratis. Pada Oktober 2004, salah satu pendiri Pyra Labs, Evan Williams, mengundurkan diri dari Google.
Pada tahun 2004, Google membeli Picasa, dan mengintegrasikannya dengan Blogger sehingga pengguna Picasa dapat mempublikasikan koleksi foto miliknya ke situs blognya.
Pada 9 Mei 2004, Blogger memperkenalkan beberapa perubahan besar pada sistem publikasi blognya, menambahkan fitur seperti templat yang memenuhi standar web, halaman arsip individual untuk masing-masing posting dan komentar, serta fitur posting melalui email.
Pada 14 Agustus 2006, Blogger meluncurkan versi terbarunya dalam tahap beta, yang diberi nama kode "Invader". Versi terbaru ini memigrasikan pengguna Blogger ke server milik Google dan menambahkan beberapa fitur baru. Pada Desember 2006, versi baru ini keluar dari tahap beta. Mei 2007, Blogger selesai memigrasikan semua data penggunanya ke server Google.





2. WordPress    
     


    Wordpress merupakan layanan blog gratis dan premium dari Wordpress Foundation Dibuat pada tahun 2003 dan sudah sangat berkembang saat ini. Wordpres memilki template standar yang cukup bagus namun tidak dapat diubah lain halnya  dengan Blogger yang bisa di ganti-ganti setiap saat. Jika ingin mendapatkan template dan layanan yang lebih dari wordpress kita bisa menggunakan fitur premium dengan domain sendiri dan bonus layanan menarik lainnya dari wordpress. Wordpress adalah blog yang selalu digunakan oleh penulis sebelum hijrah ke blogger (hehehe ).

 wordpress sebagai sebuah aplikasi open source yang sangat populer digunakan sebagai mesin blog (blog engine). WordPress dibangun denganbahasa pemrogaman PHP (bukan Pemberi Harapan palsu  ye heheh) dan basis data atau biasa kita kenal dengan data base MySQL. PHP dan MySQL, keduanya merupakan open source software. Selain sebagai blog, WordPress juga mulai digunakan sebagai sebuah CMS (Content Management System) karena kemampuannya untuk dimodifikasi dan disesuaikan dengan kebutuhan penggunanya. WordPress adalah penerus resmi dari b2/cafelog yang dikembangkan oleh Michel Valdirigi Nama WordPress diusulkan oleh Cristine Selleck. WordPress saat ini menjadi platform content management system (CMS) bagi beberapa situs web ternama seperti CNN, Reuters, The New York Times, TechCrunchdan lain sebagainya.
Rilis terbaru WordPress adalah versi 4.1.1 (18 Februari 2015). WordPress didistribusikan dengan Lisensi Publik Umum GNU.

3. Live Journal

    Live journal  merupakan layanan blog dan jejaring sosial yang dibuat oleh Brad Fitzpatrik pada
    tahun 1999. Live journal sangat cocok buat blog pribadi (diary online) dan juga blog umum.
  • Setiap entri (tulisan, gambar, foto, dan lain sebagainya) di jurnal memiliki halaman web sendiri, termasuk komentar-komentar yang diberikan oleh pengguna lain.
  • Para pengguna dapat mengubah tampilan jurnal sendiri, template dapat diganti oleh pengguna dan gambar pengguna juga dapat disesuaikan.
  • Para pemilik akun dapat membuat komunitas sendiri dan masuk ke dalam komunitas apapun yang terdapat di LiveJournal.
  • Para pengguna memiliki halaman Informasi Pengguna, di mana para pengguna dapat memasukan data-data yang diinginkan, seperti informasi kontak, biografi, foto, minat, dan lain sebagainya.
  • LiveJournal memiliki sistem yang unik dalam ‘list teman’. Tidak seperti jaringan sosial pada umumnya, list teman di LiveJournal menyediakan berbagai layanan dari segi privasi dan sindikasi. Pengguna dapat memasukan pengguna yang lain ke dalam list teman tanpa dimasukkan ke list teman oleh pengguna tersebut, dimasukan ke list teman oleh pengguna lain tanpa memasukan pengguna tersebut ke dalam list teman, dan bisa juga saling memasukan ke dalam list teman masing-masing. Halaman-halaman dari pengguna lain yang masuk ke dalam list teman dimiliki oleh masing-masing pengguna.
  • Para pengguna dapat mencari para pengguna lain yang memiliki minat yang sama melalui Pencarian Minat dan Profil.
  • Entri dapat diberi label dan kategori sesuai dengan keinginan pengguna, dan komentar di dalam jurnal dapat diatur.[
  • Tulisan yang terdapat di LiveJournal dapat dilihat dengan bahasa lain. Tulisan-tulisan tersebut tersedia dalam 32 bahasa.
  • Entri yang tidak sesuai untuk pengguna dibawah umur atau entri yang tidak diperuntukkan untuk public dapat diatur dan disesuaikan oleh para pengguna.
  • Livejournal memiliki lima tipe akun, yaitu Basic, Early Adopter, Plus, Paid dan Permanent. Semua akun LiveJournal dapat menggunakan fitur-fitur utama LiveJournal. LiveJournal dapat digunakan secara gratis; dari tipe-tipe akun yang ada, semua dapat dimiliki secara gratis kecuali tipe akun Paid.
    4. Edublogs

    Edublogs merupakan layanan blog yang khusus dibuat untuk tujuan pendidikan bagi siswa   
    dan guru serta yang berhubungan dengan dunia pendidikan. Edublogs sudah digunakan  lebih dari 2 juta orang sejak 2005.
Edublog sendiri merupakan sebuah layanan blog yang bertujuan untuk mengikat guru dan murid dalam sebuah jaringan Blog. Dimana Guru dan murid bertemu dan berinteraksi dan difasilitasi untuk kegiatan Belajar dan mengajar.
5. TypeTad
     
     TypeTap merupakan situs blog yang terdiri dari dua versi yaitu versi pro dan versi micro.
     Kedua versi ini memiliki perbedaan antara kapasitas (storage) dan fitur-fiturnya.
    6. Weebly

    Salah satu web-hosting blog yang dapat menjadi alternatif pilihan buat kita dengan desain
    antar muka yang mudah dan drap&drop untuk website sendiri.
7. Open Diary

    
    Open diary merupakan blog dan onliane diary yang dibuat pada tahun 1998 oleh Bruce Abreson
    dan Susan Ableson. Saat ini sudah berkembang pesat menjadi online diary community.
8.Blog
   blog.com

   Layanan blog hosting artikel, video dan poto yang bisa kamu gunakan untuk membuat blog.
9. My Wap Blog
    https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiE0WUm7o-yQtE7_J4mFtPWOYoVMjbm72goEI_z3-PIJNkftNa62zbn6hDR7d7WyWPujY8p2BlqDu3KkAVHob089anubvwZFnLM2gsujxesj2vf4pukQlyVii14CwWPzzpD0t1jEYMt2lrn/s320/mywapblog-big-logo.png
    Mywabblog merupakan layanan blog yang dikhususkan buat pengguna ponsel.
    Sama seperti blog lainnya seperti Blogger dan Wodrpess yang sudah mulai merambah 
    pengguna ponsel
10. BlogDetik
     blogdetik.com
    https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiLGzZ2ueNa2ru1THi5ZZKQXuSAxDsH_FGKO8jscl7N76GDHBlhLnqEmLj9Hw6FUjoCyum5iLTjAZhyKHKtYNHPzge4h5Wgnap77YZXEG4wWUgdngDrpVY3wGE7TGa71jGQ5Rz9U10uJsdo/s200/blogdetik.jpg
    Blog detik merupakan layanan blog dan portal milik Detik.com perusahaan website asal Indonesia
    Disini postingan menarik dapat diposting di situs Detik.com dan portal BlogDetik sehingga bisa 
    dibaca banyak orang.


Lainnya :
-Blogsome        -Tumblr          -Squarespace
-Posterous        -Blog.com      -Jux.com
-Edublog          -Publr             -Journal Space
-Webnode        -Blogster        -
-Xanga             -My Blog Site 

0 Response to "Penyedia Layanan Blog"

Post a Comment